KETAATAN BERBUAH BERKAT

12
Mar

KETAATAN BERBUAH BERKAT
(UL. 28:1)

Ev. Jean M

     Umat Israel diselamatkan oleh Allah tanpa syarat dari penjajahan orang-orang Mesir. Mereka dibebaskan Allah dari siksaan dan penderitaan yang mereka alami selama hidup di Mesir. Allah melakukannya karena Allahlah yang sejak semula menetapkan perjanjian-Nya untuk menyelamatkan Israel. 

Namun berbeda dengan perjanjian yang kita baca dalam ayat 1. Perjanjian ini adalah perjanjian yang mengikat antara dua pihak, yaitu Allah dan umat pilihan-Nya. Dalam perjanjian ini, Allah menjanjikan suatu berkat kepada umat-Nya, namun dengan beberapa syarat yang harus lakukan oleh umat-Nya.
  1. Mendengar Suara Tuhan
    Mendengar suara Tuhan adalah sikap diri yang mau memperhatikan dengan seksama segala ucapan Allah. Suara Allah ialah Firman-Nya di dalam Alkitab. Melaluinya kita akan mengenal siapa Allah, menemukan kebenaran, perintah, larangan, kehendak, bahkan rencana-rencana Allah yang lain bagi hidup kita. Jika kita mengaku diri mencintai Allah, maka seharusnya kita adalah pribadi-pribadi yang sangat gemar membaca dan merenungkan Firman Tuhan.
  2. Melakukan perintah-Nya
    Setelah kita membaca dan merenungkan Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh, kini kita mengerti apa yang berkenan kepada diri-Nya. Maka untuk mengetahui dan mengerti saja tidak cukup, tetapi kita harus melakukannya di dalam hidup kita. Alasan utama untuk melakukan Firman Tuhan karena itulah yang Tuhan kehendaki, “Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku Firman dan bukan hanya pendengar saja” (Yak. 1:22a). Kita bukan sekedar mengetahui banyak hal tentang kebenaran tanpa melakukan apa-apa.Karena melakukan perintah-Nya adalah anugerah dan kehormatan bagi kita umat pilihan-Nya.

Mari kita memohon pertolongan Allah Roh Kudus untuk memenuhi segenap diri kita, agar kita semakin hari semakin dapat mengamalkan setiap pengetahuan kita tentang perintah-perintah-Nya.

Yakinilah bahwa Allah setia menggenapi janji-janji-Nya disaat kita sudah sepenuh hati melakukan kehendak-Nya di dalam hidup kita. Ia mengerti siapa kita, dan Ia akan menolong kita menghadapi persoalan kita. Ia Allah yang sudah berjanji untuk mengangkat kita tinggi, dan itu akan Ia lakukan, karna Ia sudah, sedang, dan akan menggenapi janji-janji-Nya. Amin

Pilihan terbaik dalam hidup kita adalah mendengar dan melakukan Firman-Nya, sebab perjanjian berkat dari Tuhan hanya berlaku apabila kita sudah mengerjakan bagian kita yaitu mentaati Firman-Nya.

Leave a Comment

Close Bitnami banner
Bitnami