Tuhan Memberi Kemenangan

10
Mar

RENUNGAN PELITA HATI
Ev. Daniel Y.

Tuhan Memberi Kemenangan

Ulangan 20:4 – sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai kamu untuk berperang bagimu melawan musuhmu, dengan maksud memberikan kemenangan kepadamu.

Pada masa-masa menjelang Bangsa Israel berperang untuk merebut Tanah Kanaan, Musa memberitahu Bangsa Isral mengenai hukum perang. Namun sebelum memaparkan hukum-hukum tersebut, Musa terlebih dahulu menguatkan hati orang Israel supaya mereka tidak takut atau gentar dalam menghadapi peperangan. Meskipun mereka bukanlah bangsa yang memiliki orang-orang terlatih dan berpengalaman dalam berperang. Akan tetapi mereka memiliki Tuhan yang senantiasa menyertai mereka dan dapat diandalkan. Musa mengingatkan bangsa Israel bahwa Allah mereka yang akan berperang dan memberikan kemenangan bagi mereka.

Pada saat ini kita harus selalu sadar bahwa kita sedang menghadapi peperangan rohani. Setiap saat iblis mencoba menjatuhkan kita ke dalam dosa melalui pencobaan. Sebagai orang percaya, kita harus menang atas godaan-godaan dosa tersebut. Akan tetapi ini bukanlah hal yang mudah. Manusia sangat lemah. Kita masih mudah jatuh di dalam dosa. Kita seringkali lebih suka menuruti keinginan daging. Oleh sebab itu kita tidak dapat mengandalkan diri kita sendiri. Kita harus memohon pertolongan Tuhan untuk menghadapi pencobaan. Hanya kuasa Tuhan yang sanggup mengalahkan kuasa dosa. Segala belenggu dosa apapun dapat dipatahkan oleh kuasa darah Yesus. Kristus telah memberikan kemenangan kepada setiap kita yang percaya.

Cara untuk mengandalkan pertolongan Tuhan adalah dengan senantiasa menghidupi Firman Allah. Kita harus memberikan waktu untuk merenungkan Firman Tuhan sehingga kita tahu kehendak Tuhan. Selanjutnya kita berkomitmen untuk hidup seturut kehendak Tuhan tersebut. Dalam suratnya, Yakobus berkata, “Karena itu tunduklah kepada Allah dan lawanlah iblis, maka ia akan lari dari padamu!” – Yakobus 4:7. Janganlah kita terbuai tipu muslihat iblis untuk menyerahkan tubuh kita ke dalam pencobaan, namun yakinlah bahwa kita bisa menaklukan keinginan dosa dengan pertolongan Tuhan.

Leave a Comment

Close Bitnami banner
Bitnami