AKULAH JALAN, KEBENARAN DAN HIDUP

18
Mar

AKULAH JALAN, KEBENARAN DAN HIDUP

Pdt. Alex Kanesa

Kata Yesus kepadanya; “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku – Yohanes 14:6

Makna Perkataan Kristus ini

  1. Tuhan Yesus menegaskan bahwa barang siapa mengenal dan percaya kepada Dia, maka Ia juga mengenal Allah Bapa. Sebab hanya melalui kenal dan percaya pada Tuhan Yesus, seseorang dapat datang kepada Bapa (=Tuhan Yesus sebagai perantara kepada Allah Bapa).
  2. Tuhan Yesus menegaskan diri-Nya sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup.
    • Dia adalah Jalan, bukan sekedar petunjuk jalan. Dialah yang dapat membawa setiap orang berdosa kepada Allah yang Kudus melalui pengorbanan-Nya sendiri.
    • Dia adalah Kebenaran, bukan sekedar pewarta kebenaran. Kata dan karya-Nya sepenuhnya dapat diandalkan untuk menyelamatkan manusia berdosa.
    • Dia adalah Hidup, bukan sekedar pemberi hidup. Dia adalah sumber kehidupan. Itulah sebabnya, Dia bisa memberikan hidup bagi orang yang percaya kepada-Nya.

IMPLIKASI PERKATAAN KRISTUS INI BAGI KITA
Mari kita:
• Menjadikan Kristus sebagai Raja dalam hidup kita dengan sikap syukur, hormat dan sukacita secara sungguh-sungguh dan terus-menerus.
• Menjalani hidup dengan penuh keyakinan bersama Kristus yang tidak pernah berubah (Ibr.13:8) dan kasih-Nya yang luar biasa (Rom.8:35,38-39).
• Mempraktekkan kebenaran dalam hidup sehari-hari (Mat.5:37; Ef.4:25; Yak.5:12) dengan menjadi pencari, pelaku dan pemilik kebenaran sejati didalam Kristus serta mengaplikasikan kebenaran Kristus di mana pun kita berada.

Sudahkah kita menjadikan Kristus sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup dalam kehidupan kita? Sudahkah kita membagikan kebenaran bahwa, “Yesus adalah satu-satunya jalan, karena Ia adalah kebenaran dan hidup”, kepada orang lain dalam hidup kita sehari-hari?