THE SECOND CHANCE

23
Feb

THE SECOND CHANCE

Ev. Alex Kanesa

”Bangunlah, pergilah ke Niniwe, kota yang besar itu, berserulah terhadap mereka, karena kejahatannya telah sampai kepada-Ku.”

Yunus 1:2

 

”Bangunlah, pergilah ke Niniwe, kota yang besar itu, dan sampaikanlah kepadanya seruan yang Kufirmankan kepadamu.”

Yunus 3:2

 

      “Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.” Seringkali kita mendengarkan ucapan ini terlontar dari seorang kepada rekannya yang sedang mengalami kegagalan dalam hidupnya. Tetapi bagaimana dengan kenyataan yang sesungguhnya? Bukankah tidak jarang ucapan ini hanya merupakan kata-kata yang manis dan muluk-muluk belaka, karena dalam prakteknya tidaklah demikian. Masyarakat di mana kita berada cenderung menolak orang yang gagal, bahkan tidak jarang orang Kristen pun melakukan hal yang sama.

 

     Dalam bacaan firman Tuhan hari ini kita mendapati kegagalan Yunus  dalam memenuhi panggilan Allah, disebabkan karena ia hanya mau mengikuti dorongan hatinya sendiri (4:1-2), yaitu supaya Niniwe dibinasakan. Tetapi Allah berbeda dengan dunia ini, karena kasih-Nya kepada Yunus dan orang-orang Niniwe, maka Ia tetap memberikan kesempatan yang kedua kepada Yunus untuk memenuhi panggilan-Nya ke Niniwe sekali lagi. Allah tidak peduli bahkan tidak memperhitungkan akan kegagalan Yunus pada saat yang pertama Ia memanggil Yunus.

 

     Saudara, mungkin saat ini kita merasa gagal, baik dalam hidup dan pelayanan. Kita putus asa bahkan frustasi, karena orang lain tidak menerima akan kegagalan kita. Ingatlah bahwa Allah yang memanggil Yunus adalah Allah yang sama yang memanggil kita dan Ia akan memberikan kesempatan yang kedua kepada kita.

 

Marilah kita bangkit dari kegagalan kita bersama Kristus yang kelahiran-Nya akan kita rayakan sebentar lagi, karena Natal mengingatkan kita ada kesempatan untuk “menebus kegagalan” kita dalam menjalani tahun ini, untuk kita wujudkan di tahun yang mendatang.

 

Natal adalah kesempatan untuk membenahi kehidupan kita di hadapan Allah untuk menjadi semakin serupa dengan Kristus

Leave a Comment

Close Bitnami banner
Bitnami