BIARLAH TERANGMU BERCAHAYA

26
Feb

BIARLAH TERANGMU BERCAHAYA

Pdt.Alex Kanesa
“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan semua orang , supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan bapamu yang di sorga” – Matius 5:16

Mengapa tema ini penting?

  1. Kita hidup dalam zaman yang gelap, di mana kuasa dosa terus mendatangkan kehancuran bagi kehidupan manusia, baik secara pribadi maupun keluarga (2 Tim 3:2-4).
  2. Tema ini merupakan perintah, panggilan dan kehendak Allah bagi kita sebagai anak-anak-Nya untuk dipraktekkan dalam hidup kita sehari-hari (Mat 5:16; Fil 2:15).
  3. Banyak orang Kristen kurang menyadari hal ini, sehingga:
  • Kita mendapati banyak orang Kristen menyebut diri Kristen, tapi tidak hidup sesuai identitas mereka sebagai orang Kristen (sinkritisme, freesex, kata-kata kasar, ngedrugs, bunglon, dualisme, dan lain-lain).
  • Tidak punya kesaksian hidup yang baik (jadi trouble maker dan hidup dengan sembrono/menyia-nyiakan waktu).

Makna Tema
• Allah menghendaki supaya hidup kita dapat menjadi sarana kesaksian yang efektif bagi dunia ini, karena hidup kita seperti di akuarium, yang dilihat dan dinilai oleh banyak orang dan setiap kita adalah perpanjangan tangan Tuhan untuk menjangkau dunia yang berdosa.

Bagaimana Menjadi Terang?

  1. Perubahan hidup yang nyata: sikap, tindakan, perilaku dan fokus/tujuan.
  2. Penyalur kasih Kristus kepada orang lain, artinya kasih kristus menguasai atau memenuhi hati kita untuk menyatakan kasih kepada orang lain.
  3. Menjaga kesucian hidup, artinya punya relasi yang indah dengan Allah dan sesama dan menjalani hidup yang kudus pada segala tempat dan waktu (”Bila sepuluh di antara kita menjalani kehidupan yang kudus, kita akan menjadi seperti api yang menerangi seluruh kota” – St. John Chrysostom).
    Sudahkah terangmu bercahaya?