Nyebrang Jalan

06
Nov

Nyebrang Jalan
1Korintus 10:13b

Bapak Ibu Saudara (BIS), hari ini yuk kita bicara soal nyebrang. Eitss, ini bukan kisah tentang tokoh GR yang ‘nyebrang’, sampai -bikin_ ada partai yang sedih dengan luka hati yang perih. Ini hanya refleksi sederhana dari kegiatan nyebrang jalan; yang rasa-rasanya sih, aktivitas yang rutin dan biasa kita lakukan sehari-hari.

Saudaraku, sadarkah kita, dalam kegiatan nyebrang, itu ada seninya. Walaupun jalanan ramai, banyak kendaraan yang lalu lalang; Sabar aja tunggu, suatu saat pasti akan ada waktu, dimana jalanan kosong. Dan itulah kesempatan kita buat nyebrang. Tapi inget, tetap tengok kanan kiri yaa, buat mastiin jalan rayanya beneran longgar buat nyebrang.

Hmm, kalau dipikir-pikir..kegiatan nyebrang ini kok mirip ya dengan perjalanan iman kita sewaktu menghadapi masalah demi masalah. Memang sih, adakalanya masalah kok seperti datang bertubi-tubi. Tapi, satu hal yang pasti, selalu ada ‘jeda waktu’ dimana jalanan kosong, meski kadang cuman sebentar. Itulah momen dimana kita bisa aman buat nyebrang.

Di 1 Korintus 10:13b mengingatkan kita akan hal yang sama, “Pada waktu kamu dicobai, Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” BIS, kalau saat ini jalananmu nampak ramai sekali. Sabar-sabar aja, tunggu, momennya akan tiba kok! Terus saja persiapkan dirimu, tengok kiri dan kanan. Setelah kosong? Jangan ngelamun! Buruan nyebrang!