DANGER

30
Oct

DANGER

Karena Demas telah mencintai dunia ini dan meninggalkan aku. Ia telah berangkat ke Tesalonika. Kreskes telah pergi ke Galatia dan Titus ke Damatia – 2 Timotius 4:10

Demas adalah seorang murid rasul Paulus dan senantiasa pelayanan bersama gurunya (Kol.4:14; Fil.1:24). Ia adalah seorang pelayan Tuhan yang taat pada awalnya, namun kisah berikutnya dituliskan oleh Paulus bahwa Demas telah meninggalkan Tuhan, karena ia lebih mencintai dunia ini.

Arti mencintai dunia ini:
• Kompromi/ikut arus dunia ini.
• Bersahabat dengan dunia : cara hidup yang sama dengan dunia dalam hal cara ngomong, cara berpakaian, sikap dan kelakuan yang angkuh, egosentris dan tidak setia serta lebih ikut diri sendiri daripada ikut Tuhan.
• Hidup dengan falsafah dunia yang memuja kenyamanan, kemudahan dan kemegahan serta kemewahan. #Kenyamanan dan kemudaan hidup dapat membuat kita lupa akan Tuhan dan akhirnya meninggalkan Tuhan#

Arti meninggalkan aku :
Dalam bahasa aslinya “egkataleipo”, artinya meninggalkan desersi, seperti prajurit yang lari dari tugas kemiliterannya. Demas enggan menderita dan berkorban, kontras dengan penawaran kenikmatan dunia. Pelayanan yang sejati selalu mengandung resiko dan pilihan terhadap “Fight” (hadapi, gumuli) atau “Flight” (melarikan diri). Sayangnya Demas hanya menghitung resiko tanpa memperhitungkan kemuliaan yang diperolehnya kelak.

Pelajaran dari kehidupan Demas :
• Tidak ada orang percaya yang kebal terhadap godaan dunia (1 Kor.10:12).
• Pandangan/visi tentang masa depan akan membentuk cara dan nilai hidup kita sekarang. Karena itu, pusatkan diri pada kekekalan, bukan kekinian (ingat Rom.8:18).
• Pahami maksud Tuhan dalam setiap penderitaan, kekurangan dan kelimpahan (Ams.30:8-9) dan tunaikan/tuntaskan tugas yang Tuhan percayakan (Yoh.17:4).
• Tinggalkan zona aman kita dan selalu hidup bergantung kepada Tuhan (Yer.17:5-8)