Jangan Panik!!Tenang dan Berdoalah!

30
Aug

Jangan Panik!!Tenang dan Berdoalah!

Kepanikan merupakan reaksi spontan seseorang terhadap masalah besar yang datang secara tiba-tiba menimpa dirinya, sehingga menimbulkan kepanikan dan ketegangan serta ketakutan yang luar biasa.

Misalnya masalah bisnis atau masalah kesehatan atau mungkin ada berita-berita buruk yang menggoncangan hatinya. Hal ini seringkali seseorang sulit menguasai diri, tidak tahu apa yang harus dilakukan, mata menjadi gelap

Dalam situasi demikian maka yang diharapkan adalah pertolongan sesegera mungkin dengan cara apapun bahkan orang kerap kali menyimpang dari kebenaran firman dengan menghalalkan segala cara untuk mendapat solusi atau pertolongan.

Kitab Daniel 2:13-22 menjelaskan bagaimana Daniel dan teman-temannya menghadapi masalah besar bahkan mengancam jiwa mereka.

Sebab Nebukadnezar telah memerintahkan bahwa apabila seluruh orang bijaksana di Babel termasuk Daniel dan teman-temannya tidak dapat menjelaskan makna mimpi raja maka semua akan dibinasakan.

Tentunya berita ini sangat menggoncangkan semua orang. Menghadapi situasi yang krisis dan kritis ini, Daniel tidak panik hatinya tetap tenang. Daniel menghadap Raja dan “meminta supaya ia diberi waktu” (Daniel 2:16).

Daniel meminta diberi waktu. Waktu untuk apa? Waktu untuk berdoa kepada Allah, sebab hanya Dialah yang dapat menyingkapkan makna mimpi raja. Dengan hati yang tenang Daniel bsia berdoa berseru memohon pertolongan Allah.

Hati tenang sangat penting menghadapi masalah yang datang tiba-tiba sehingga kita bisa berdoa. Hal ini seperti yang dikatakan Rasul Petrus. “Kuasailah dirimu dan jadilah tenang supaya kamu dapat berdoa.” (1 Petrus 4:7).

Setelah Daniel memanjatkan doa di hadapan Allah, maka Allah menyingkapkan makna mimpi raja kepada Daniel. Masalah begitu suli tdan rumit, namun bagi Allah tak ada yang sukar. Sebesar, sesulit apapun masalah kita Tuhan sanggung memberi pertolongan.

Oleh sebab itu, di saat badai topan pergumulan datang biarlah hati kita tetap tenang.
Jangan panik supaya kita bisa berdoa memohon pertolongan Tuhan.