GUNAKAN WAKTUMU DENGAN BAIK

02
Aug

GUNAKAN WAKTUMU DENGAN BAIK

Mungkin diantara kita sudah sering dengar tentang istilah managemen waktu. yaitu kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik. Hidup manusia dibatasi oleh waktu, yaitu kelahiran dan kematian. Sejak kita lahir sampai hari ini, hidup selalu berkaitan dengan pengelolaan waktu. Misalnya: Ada orang tua yang mengelola waktu anak (jam tidur, jam makan, jam bangun anaknya), tetapi sebaliknya ada orang tua yang waktunya diatur oleh anaknya. Ketika anak mulai sekolah, ada pengaturan waktu masuk sekolah, pagi masuk siang pulang, bahkan ada agenda sekolah untuk mencatat aktivitas di sekolah. Biasanya ketika menginjak masa remaja, barulah kita mulai merasa kesulitan dengan waktu, bahkan mungkin kita pernah mengeluh waduh, “rasanya waktu 24 jam ini tidak cukup, andai waktu bisa lebih dari 24 jam”.

Pengelolaan waktu menjadi sebuah kemampuan yang perlu dilatih sedini mungkin. Dalam Efesus 5:16 “dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.”, disini Paulus mengingatkan kita kembali pentingnya menggunakan waktu dengan baik. Waktu sendiri mempunyai dua pengertian yaitu chronos dan kairos. Chronos berbicara tentang rentetan kejadian yang terjadi di dalam hidup, sementara kairos berbicara di dalam setiap kejadian (Chronos) hidup kita ada kesempatan yang bisa kita ambil untuk dipakai dengan sebijaksana mungkin.

Untuk menjadi seorang yang bijaksana maka kita perlu mengusahakan mengerti kehendak Tuhan, dimana pengenalan kita akan Tuhan akan menolong kita untuk memakai setiap kesempatan yang ada dalam hidup kita sebaik mungkin untuk kemuliaan Tuhan. Salah satu penghalang terbesarnya adalah diri sendiri. Siapakah yang menjadi terutama di dalam hidup ini? Tuhan atau diri sendiri.

Seorang yang mau mengelola waktu dengan baik, harus menempatkan Tuhan sebagai prioritas utama dalam hidupnya.