DULU BUTA KINI MELIHAT

21
Jul

DULU BUTA KINI MELIHAT

Amazing grace … how sweet the sound
Sebuah lagu yang sangat indah, Hymne yang terkenal dan diterjemahkan dalam kurang lebih 50 bahasa. Lagu yang mengungkapkan akan anugerah Allah yang sangat besar yang telah menyelamatkan seorang berdosa. Siapakah pengarang lagu ini?.

John Newton seorang pedagang budak. Lahir di London pada 24 Juli 1725. John menghabiskan masa remajanya di kapal dagang-memperdagangkan manusia. Ia secara kejam mengambil pria dan wanita Afrika untuk dijual di Inggris.

Namun satu saat ketika badai dahsyat menerjang kapalnya, dalam kondisi kristis di tengah samudera Atlantik, ia menjerit minta tolong kepada Tuhan. Sedetik kemudian, iapun terhenyak. Kepada Tuhan yang mana ia berteriak?. Walaupun dia mengaku Kristen, namun bertahun-tahun ia tidak pernah berdoa atau membaca Alkitab. Dia bertanya pada dirinya sendiri: Apakah Tuhan masih mengenal dirinya? Apakah Tuhan masih mendengar doanya?.

John Newton selamat secara ajaib dari badai. Pengalaman itu membawa dia merenungkan kembali makna relasinya dengan Tuhan. Dan iapun sungguh-sungguh bertobat. Ia masuk sekolah Alkitab, menjadi hamba Tuhan di kota Ciney, sambil mengarang banyak lagu Hymne.

Lagu Amazing Grace ini, lagu yang mengobarkan harapan bagi orang yang terhilang dan hidup dalam kegelapan. Lagu ini digubah oleh John Newton berdasarkan kesaksiannya perjalanan rohaninya sendiri. Manusia yang sudah rusak seperti John Newton Tuhan pakai menjadi alat-Nya.

Jawabnya: “Apakah orang itu orang berdosa, aku tidak tahu, tetapi satu hal aku tahu, yaitu bahwa aku tadinya buta, dan sekarang dapat melihat”. (Yohanes 9:25).

Orang ini buta secara jasmani, Yesus mencelikkan dia sehingga dia bisa melihat. Manusia berdosa, mengalami kebutaan rohani. Karena dosa manusia hidup dalam kegelapan, tanpa pengharapan. Kristus datang menyelamatkan manusia berdosa. Sehingga setiap orang yang percaya kepada-Nya, tidak binasa, memiliki hidup kekal, pengharapan yang pasti. Bagaimanakah pengalaman rohani saudara?. Apakah engkau benar-benar menyadari anugerah-Nya yang besar?. Bisakah engkau mengatakan kalimat ini, “aku dulu buta, sekarang melihat” – I once was lost, but now I’m found. Was blind, but now I see. Aku dulu berdosa, sekarang Kristus menyelamatkanku. Amazing Grace…!

“Thank You Lord for Your Amazing Grace”