GEREJA MENURUT YESUS

10
Jun

GEREJA MENURUT YESUS
(Neil Cole:Organic Chruch)

“Dan Aku berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya”
(Matius 16:18)

Yesus melanjutkan, “Dan Aku berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya” (Matius 16:18).Hanya dengan satu kalimat, Yesus berbicara lebih banyak tentang bagaimana gereja seharusnya dibanding begitu banyak hal yang dikatakan para teolog melalui berjilid-jilid buku di perpustakaan. Menurut Yesus, ada lima hal yang perlu kita ketahui tentang gereja:

Yesus membangun Gereja

Ada banyak buku, kaset, seminar dan CD yang dibuat untuk membantu orang-orang membangun gereja, jika anda sedang membangun gereja, itu bukan gereja. Yesus tidak berkata, “Dan di atas batu karang ini kamu akan membangun gereja-Ku“. Yesus – hanya Yesus – yang membangun gereja. Jika kita membangun gereja yang didasarkan pada kharisma pribadi, metodologi inovatif, atau hal lainnya, kita memiliki gereja yang lebih rendah nilainya daripada gereja yang ingin dibangun Yesus.

Yesus adalah pemilik Gereja

Yesus membeli gereja dengan darah-Nya sendiri (Kis.20:28). Yesus tidak menjanjikan bahwa Dia “akan membangun gereja-mu”. Gereja adalah milik Yesus. Dia sedang membangun gereja-Nya. Gereja adalah proyek pembangunan Yesus. Dia sungguh-sungguh bermaksud untuk tinggal di dalamnya. Jika Yesus sedang bekerja membangun gereja-gereja-Nya, gereja itu akan indah dan kokoh. Yesus tidak melakukan pekerjaan dengan ceroboh.

Gereja dimaksudkan untuk bertumbuh

Yesus sedang membangun gereja-Nya dan gereja seharusnya bertumbuh. Gereja direncanakan untuk bertumbuh. Gereja harus mengalami pertumbuhan rohani. Melihat jiwa-jiwa baru masuk dalam Kerajaan Allah sebagian dari pengalaman itu

Gereja yang bertumbuh akan menghadapi tantangan

Yesus berkata bahwa ketika gereja mulai bertumbuh, ia akan menghadapi perlawanan. Ia mengenali musuh itu sebagai sesuatu yang berasal dari neraka. Di mana pun gereja hidup dan bertumbuh, neraka akan menentangnya. Salah satu tanda gereja yang sehat adalah mampu menghadapi sikap permusuhan neraka. Alkitab tidak berkata untuk mengabaikan Iblis dan ia akan lari darimu. Kita harus berdiri teguh dan melawan musuh.

Gereja yang Yesus bangun tidak bisa dihentikan

Yesus berkata bahwa pintu gerbang neraka tidak akan menang melawan gereja-Nya. Pintu gerbang bukan ancaman; ia bersifat defensif (bertahan). Pintu gerbang yang dibicarakan Yesus bukanlah pintu gerbang mutiara, melainkan pintu gerbang neraka. Gereja harus bersikap ofensif (serangan), bukan defensif (bertahan). Sudah terlalu lama gereja menjadi sandera di pintu gerbang. Saatnya kita berhenti merasa terintimidasi di pintu gerbang. Sekarang waktunya bagi Iblis, bukan gereja, untuk melangkah mundur ketakutan.

Refeksi

Kita adalah gereja. Ingatlah bahwa Yesus-lah yang memilih kita menjadi gereja-Nya. Dengan demikian kita adalah milik Yesus. Yesus ingin kita bertumbuh melalui tantangan yang diizinkan-Nya. Dan percayalah bahwa Iblis tidak pernah akan bisa menghentikan gereja-Nya. Gereja – kita – adalah perwujudan kasih dan kebenaran Yesus yang nyata dan dapat dipercaya .dalam dunia yang gelap.

“Kita adalah Gereja. Kita adalah milik Yesus. Yesus mau kita mewujudkan kasih dan kebaikan-Nya dalam dunia yang gelap”