TUHAN BAGI SEMUA BANGSA

08
Jun

“TUHAN BAGI SEMUA BANGSA”
(Kisah para Rasul 10:1-48)

Di dalam suatu penglihatan, Petrus diarahkan Tuhan untuk menemui seorang pejabat Romawi bernama Kornelius. Sekalipun Kornelius bukan dari kalangan Yahudi, namun ia adalah seorang yang menyembah Allah Israel. Bahkan ia hidup dalam kesalehan dan ketulusan, serta seringkali menunjukkan belas kasihan dan kemurahan kepada sesamanya.
Petrus – yang telah terlebih dahulu diajar Tuhan melalui sebuah penglihatan – akhirnya menjadi mengerti jika Tuhan ingin menyatakan kepadanya bahwa Ia adalah Tuhan bagi semua orang. Tidak ada orang Yahudi atau bukan Yahudi lagi, jika mereka sungguh mencari Tuhan dan hidup dalam kebenaran, mereka akan berkenan di mata-Nya.

Rencana Tuhan memang tergenapi!
Petrus kemudian bertemu dan berbicara dengan Kornelius. Ia mengenalkan Yesus Kristus kepada Kornelius dan menerangkan kebenaran injil kepadanya.
Seorang yang bukan Yahudi telah dipilih Allah menjadi umat tebusan-Nya.
Kornelius kini bukan hanya mengenal Allah Yahweh, tetapi ia akhirnya menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan hakimnya, serta mengerti kebenaran injil yang memerdekakannya.

Firman yang menyadarkan Petrus bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan bagi semua bangsa seharusnya juga menyadarkan kita, jemaat Tuhan yang hidup di masa kini.
Jika kita mengaku seorang pengikut Yesus Kristus, maka seharusnya pengakuan iman ini nyata terlihat dalam ketaatan dan kesalehan hidup kita. Memercayakan diri kepada Kristus berarti memberi diri untuk diperdamaikan dengan sesama dari berbagai latar belakang yang berbeda. Kristus menjadi pemberi identitas dan pengikat kultural yang baru. Di dalam Dia kita memerangi berbagai bentuk rasisme: superioritas etnis, kebencian rasial, stigma negatif tentang suku tertentu, dsb. Injil yang menyelamatkan kita dari dosa juga akan menyelamatkan kita dari ikatan kultural yang berdosa. Injil yang menyelamatkan kita dari dosa juga seharusnya menyadarkan kita untuk tidak ragu mengabarkan injil kepada semua suku bangsa, karena Ia sungguh adalah Tuhan atas semua bangsa.

Mazmur 96:3
Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa dan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib di antara segala suku bangsa.