HEALTHY INSIDE, FRESH OUTSIDE

09
May

HEALTHY INSIDE, FRESH OUTSIDE

“Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.” 1 Timotius 4:8

Melalui 1 Timotius 4:8 memberitahukan kepada kita bahwa:

  1. Allah menghendaki setiap orang Kristen untuk menjaga kesehatan secara rohani dan jasmani.
  2. Menjaga kesehatan rohani dan jasmani merupakan tanggung jawab setiap orang Kristen.
  3. Kesehatan luar dan dalam saling mempengaruhi satu dengan yang lain (mens sana in corpore sano, bhs latin artinya didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat).

Kalau kita memiliki pemahaman di atas maka implikasinya bagi hidup kita, yakni:
1.Kita harus memelihara tubuh jasmaniah (olah raga, istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi) dan rohaniah (baca Alkitab, beribadah dan melayani) kita, karena tubuh kita adalah bait Allah yang dapat digunakan untuk memuliakan Allah (1 Kor.6:19-20) dan menjadi alat Allah untuk melayani Dia (Rom.12:1-2).
2.Allah tidak meminta agar kita kita memilih salah satu di antara keduanya, melainkan Allah menghendaki agar kita melakukan kedua-duanya. Namun jika keduanya berbenturan, kita harus lebih mengutamakan kesehatan batiniah.
3.Keterbatasan secara fisik tidak akan menjadi penghalang untuk tetap berfungsi sebagai anak-anak Tuhan, jika kerohanian kita tetap bersih dan sehat.

“Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” – 1 Korintus 6:20