Ditebus Dengan Mahal

13
Apr

Ditebus Dengan Mahal
(1 Petrus 1: 15-19)

Shalom.
Beberapa waktu lalu saya ditahan oleh petugas polantas karena dianggap menerobos lampu merah, dan akhirnya saya diberi surat tilang oleh petugas dan STNK mobil ditahan. Dan saya harus membayar suatu nilai yang telah ditentukan di pengadilan untuk menebus STNK mobil tersebut. Akibat suatu kesalahan saya harus membayar dengan suatu nilai untuk menebus STNK mobil.

Manusia yang sudah jatuh dalam dosa dikuasai oleh dosa atau telah menjadi budak dosa. Agar manusia bebas dari dosa maka harus ada penebusannya. Tuhan karena sangat mengasihi manusia ciptaan-Nya, berinisiatif untuk menebus manusia dari kuasa dosa. 1 Petrus 1:18 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, 1:19 melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

1 Petrus 1: 18-19 mengatakan jika kita adalah orang yang telah ditebus dari cara hidup yang sia-sia. Hidup yang sia-sia merupakan hidup yang dikuasai oleh hawa nafsu dalam dosa, cara hidup menurut ajaran-ajaran atau prinsip-prinsip di dalam dosa atau diluar kebenaran, yang mana hidup menuju kebinasaan.

Harga yang dibayarkan untuk menebus hidup manusia dari kuasa dosa nilainya tidak dapat dinilai dengan standar nilai manusia dalam dunia. Emas, perak, berlian atau batu mulia mahal yang harganya milyaran pun tidak dapat dijadikan standar nilai harga tebusan tersebut. Semua barang-barang berharga atau bernilai mahal tersebut bersifat sementara, fana atau hampa tidak memiliki nilai kekekalan.

Tebusan bagi manusia berdosa harus dibayar oleh darah Yesus Kristus, nilainya super duper tidak dapat dibandingkan nilainya dengan apapun dalam dunia ini. Penebusan Kristus adalah Sebuah harga penebusan dengan nilai yang sangat Mulia. Darah Kristus bersifat kekal, murni dan sangat mulia karena hanya berdasarkan anugerah Allah semata dan dari darah Anak Allah yang Maha Suci. Dan penebusan Yesus Kristus ini merubah arah kehidupan kita, yang awalnya mengarah/menuju ke kebinasaan sekarang berbalik menuju pada kehidupan kekal bersama Allah. Sungguh betapa berharganya saya dan saudara bagi Allah dan betapa besar angurah Allah bagi kita, sehingga Allah rela menebus kita dari dosa dan kebinasaan dengan darah Anak-Nya, Yesus Kristus.

Bapak, ibu, saudara yang dikasihi Tuhan, pada momen menjelang peringatan Jumat Agung dan Paskah ini, marilah kita renungkan kembali karya penebusan Tuhan Yesus yang mulia ini dalam hidup kita masing-masing. Biarlah melalui perenungan ini makin menyadarkan kita untuk terus hidup kudus bagi Allah, hidup menyenangkan dan memuliakan Tuhan. Seperti yang dinyatakan dalam 1 Petrus 1: 15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, 1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus. 1:17 Dan jika kamu menyebut-Nya Bapa, yaitu Dia yang tanpa memandang muka menghakimi semua orang menurut perbuatannya, maka hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini.

Tuhan memberkati dan menolong kita semua.