Allah Penyembuhmu

23
Aug

Allah Penyembuhmu

Nats: Yeremia 30:17a, 33:6a
“Sebab Aku akan mendatangkan kesembuhan bagimu, Aku mengobati luka-lukamu demikianlah Firman Tuhan.” – Yer 30:17a.
“Sesungguhnya Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka.” – Yer 33:6a.

Pada waktu penciptaan manusia dicipta dengan tubuh yang sehat. Namun sejak manusia jatuh ke dalam dosa, timbul berbagai macam penyakit sampai sekarang ini. Penyakit sangat menyengsarakan dan bisa membawa kepada kematian. Bersyukur Alkitab menyatakan bahwa Allah adalah Penyembuh. Dia adalah Yehova Rapha. Allah bukan saja Juruslamat, tetapi Dia juga Penyembuh. “Dia yang menyembuhkan segala penyakitmu“ – Mazmur 103: 3.

Pada zaman Yeremia, Bangsa Israel oleh karena dosanya mereka dibuang dan hidup dalam pembuangan di Babel. Betapa sengsaranya mereka menjalani kehidupan di tengah-tengah pembuangan, sehingga begitu banyak penyakit yang mereka derita. Allah mengutus Nabi Yeremia untuk memberitakan pengharapan, penghiburan kepada umat Israel, bahwa Allah akan menyembuhkan keadaan mereka dan mengobati luka-luka mereka. Hal ini menyatakan betapa Allah mengasihi umat Israel.

Penyembuhan dari Allah.
a. Penyakit tubuh (jantung, stroke, diabetes, types, tekanan darah tinggi, paru-paru, ginjal, demam, panas, DBD, covid)
b. Kelemahan tubuh (kemandulan/tidak bisa punya anak)
c. Cacat tubuh (buta, bisu, tuli, lumpuh)
d. Merusak tubuh (kusta, contohnya Naaman)
e. Dosa melawan Allah (Murtad)
f. Sembuh dari roh-roh jahat
g. Sembuh dari racun makanan, minuman

Segala penyakit dapat disembuhkan Allah. Dalam Matius 8:17 mengatakan Dialah yang memikil kelemahan kita dan menanggung penyakit kita. Seorang Teolog bernama Paul Tilich mengatakan terlalu banyak di antara kita melupakan bahwa Juruslamat berarti Penyembuh. Dia yang memperbaiki dan memulihkan apa yang rusak dan sakit di dalam tubuh dan pikiran kita. Karya keselamatan Kristus bukan hanya jiwa atau roh tetapi juga tubuh. Penyembuhan tubuh sebagai sesuatu yang tercakup dalam seluruh keselamatan yang dihasilkan oleh korban Kristus.

Bagaimana kita mengalami mujizat penyembuhan dari Allah?

  1. Oleh anugrah/kasih karunia Allah.
    Anugrah bukan saja keselamatan tetapi juga kesembuhan. Contohnya Raja Hizkia disembuhkan oleh Allah.
  2. Percaya kepada kuasa Allah yang sanggup menyembuhkan segala penyakit kita.
    Ajaran Tuhan Yesus selalu menekankan percaya saja (Mrk 5:36, 9:23 Luk 8:50, Mat 9:2).
  3. Pertobatan yang sungguh akan segala dosa. Ada penyakit yang disebabkan oleh dosa, maka dengan bertobat Allah akan menyembuhkannya (Yer 3:22, Mrk 2:5).

Kiranya renungan ini mendorong kita terus berharap dan percaya kepada Tuhan Yesus Penyembuh kita, dan jangan putus asa atau menyerah ketika mengalami sakit penyakit. Tuhan Yesus memberkati.

Close Bitnami banner
Bitnami