Tamak Yang Membinasakan

18
Feb

Tamak Yang Membinasakan

Pdt. Anggung Istianto

“Mengapa engkau memandang dengan loba kepada korban sembelihan-Ku dan korban sajian-Ku, yang telah kuperintahkan, dan mengapa engkau menghormati anak-anakmu lebih daripada-Ku, sambil kamu menggemukkan dirimu dengan bagian yang terbaik, dan setiap korban sajian umat-Ku Israel?”

1 Samuel 2:29

 

            Seorang anak menggerutu karena permen yang ia terima lebih sedikit dari kakaknya. Karena rasa tidak cukup itulah yang membuat dia secara diam-diam mengambil permen kakaknya.

 

Anak-anak imam Eli yakni Hofni dan Pinehas,  juga telah dikuasai ketamakan. Mereka dengan sengaja mengambil korban yang dipersembahkan untuk TUHAN. Pada hal, mereka tahu bahwa itu melanggar kekudusan TUHAN. Karena perbuatan mereka itu, TUHAN menjatuhkan hukuman yang berat kepada keluarga ini. Hukumannya, tidak ada seorang kakek dalam keluarga (ayat 31-32). Jabatan imam dialihkan kepada keluarga lain (ayat 35). Keturuman Eli tidak ada kesempatan lagi menjadi imam (ayat 36). Dan kedua anak Eli mati (Pasal 4:11).

 

Hari ini kalau kita tergerak untuk menjadi tamak, berawas-awaslah, tinggalkan semua hasrat seperti itu, sebab itu akan menghancurkan hidup kita. Mintalah Tuhan menolong kita untuk menang terhadap ketamakan.

 

Katamakan yang dibiarkan hidup dalam diri kita akan mematikan hidup kita

Leave a Comment

Close Bitnami banner
Bitnami