CARILAH TUHAN

18
Feb

CARILAH TUHAN

Ev. Alex Kanesa

“Carilah TUHAN, maka kamu akan hidup supaya jangan ia memasuki keturunan Yusuf bagaikan api, yang memakannya habis dengan tidak ada yang memadamkan bagi Betel. “— Amos 5:6a

 

     Carilah Tuhan! Seruan ini sering kita dengar sebagai suatu nasihat yang diberikan kepada seseorang, tatkala ia mengalami masa-masa pelik dalam hidupnya. Juga merupakan suatu wawasan bagi seseorang yang mengalami masa-masa kemakmuran, keemasan dan kejayaan untuk tidak lalai, bahkan melupakan seruan ini.

 

     Ya…, memang benar tatkala mengalami kesulitan kita mudah untuk mencari Tuhan, karena kita membutuhkan pertolongan-Nya. Tetapi seringkali pada saat-saat kita merasa aman dan tentram serta segala kebutuhan hidup terpenuhi, seakan-akan tidak ada ombak yang bergelora dalam kehidupan ini. Pada saat-saat seperti itulah membuat kita lalai, bahkan lupa untuk mencari Tuhan.

 

Demikian pula halnya ketika kita menyimak dalam kitab Amos tentang sikap orang-orang Israel yang hidup pada masa pemerintahan Yerobeam ke-2. Mereka menikmati masa kedamaian dan ketenangan. Hampir tidak ada gangguan dari bangsa-bangsa sekitarnya. Tetapi walaupun ada, mereka tidak merasa cemas atau takut, karena memiliki angkatan perang yang tangguh dan dapat diandalkan. Uang mengalir masuk dengan limpahnya, sehingga mereka hidup dalam kelimpahan materi, khususnya para bangsawan dan tuan tanah.

 

     Saudara, bagaimana dengan kita sebagai orang-orang Kristen? Apakah hanya pada saat-saat kita mengalami masa sulit, seperti saat ini baru kita mencari Tuhan? Biarlah seruan di atas mengingatkan kita untuk setiap saat, baik susah ataupun senang selalu rindu untuk mencari Tuhan.

 

Biarlah seruan untuk mencari Tuhan merupakan sesuatu yang menyenangkan hati kita, yang dapat kita praktekkan dalam hidup kita setiap hari

Leave a Comment

Close Bitnami banner
Bitnami