Hitung Angpao

19
Feb

Hitung Angpao

Pdt. Yoseph Kandano

“Gong Xi gong Xi.. Xin Nien kuale… Angpao donk… ” Inilah salah satu hal yang menyenangkan bagi setiap kita yang pernah alami. Bukan hanya even imlek, bisa juga waktu ulang tahun, kelulusan, dan sebagainya. Ketika kita menerima angpao, kita mulai menghitung, dan terus menghitung. Ada yang merasa senang sekali dan bersyukur kepada Tuhan, dan ada juga yang merasa biasa saja. Kalau banyak sekali, syukur lebih lagi, jikalau sedikit atau pacce ki ya syukurlah meski sedikit. Inilah respon umumnya yang sering terjadi dalam kehidupan kita.

Pernah kah kita mulai menghitung berkat Tuhan dalam hidup kita, atau mungkin kita sudah lupa ada Tuhan? Jika kita cermati setiap hari kita selalu pasti mendapatkan berkat Tuhan bukan? Apakah kita tetap bersyukur kepadaNya? Ketika kita mengalami musibah, masalah atau pergumulan berat, kita sering kali berdoa memohon Tuhan menolong, tapi tanpa sadar kita lupa bahwa sebenarnya kitapun sudah ada dalam penyertaan Tuhan. Mengingat dan menghitung kembali berkat Tuhan adalah salah satu cara kita kembali mengingat akan penyertaan Tuhan dalam hidup kita.

Mazmur 50: 22-23 “Perhatikanlah ini, hai kamu yang melupakan Allah; supaya jangan Aku menerkam, dan tidak ada yang melepaskan. Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai korban, ia memuliakan Aku; siapa yang jujur jalannya, keselamatan yang dari Allah akan Kuperlihatkan kepadanya.”

Jika angpao diberikan sebagai suatu harapan di tahun yang baru, maka berkat Tuhan sudah diberikan sebagai bentuk penyertaan Tuhan dalam hidup kita. Jika kita begitu bersyukur karena besaran uang angpao kita dapatkan, apalagi anugerah Kristus yang telah rela mati dan bangkit bagi setiap kita, sehingga kita punya pengharapan dan anugerah keselamatan di dalamNya. Muliakanlah Tuhan!!