BERBAHAGIALAH ORANG YANG LAPAR DAN HAUS AKAN KEBENARAN

27
Sep

BERBAHAGIALAH ORANG YANG LAPAR DAN HAUS AKAN KEBENARAN

Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka kan dipuaskan – Matius 5:6

Makna Kata Lapar Dan Haus, yakni: 1) Menunjukkan suatu keinginan yang sungguh-sungguh dan mendalam terhadap sesuatu yang sangat dibutuhkan; 2) Menyatakan suatu kerinduan akan “sesuatu”, misalnya: firman Tuhan (Amos 8:11), kehadiran Allah (Maz.42:3).

Makna Kata Kebenaran. Dalam Alkitab kebenaran mempunyai 3 segi, yakni: 1) Legal = Pembenaran, pulihnya hubungan antara manusia dan Allah atas dasar iman kepada Kristus; 2) Moral = Kesejatian watak dan perilaku seperti yang disenangi Allah ( hati, pikiran dan motivasi yang benar); 3) Sosial = Hubungan yang benar dengan sesama dalam segala bidang kehidupan.

Makna Lapar dan Haus Akan Kebenaran
• Rindu akan suatu hubungan yang baik dengan Allah; hidup dengan benar di hadapan-Nya dan melakukan hal-hal yang berkenan kepada-Nya serta rindu melihat hubungannya dengan Tuhan dan sesama kembali dipulihkan.

Praktek Hidup Orang Yang Lapar Dan Haus Akan kebenaran
• Rindu bersekutu dengan Tuhan melalui doa dan firman Tuhan dan mau hidup sesuai dengan firman Tuhan (pelaku firman Tuhan, Yak.1:2), sehingga jadi saksi Tuhan yang hidup dan jadi berkat bagi orang lain (Mat.5:16; Fil.2:15).

Makna Kata “Dipuaskan”
• Tuhan memuaskan kita dengan hubungan yang benar, di mana Allah sebagai Bapa kita dan sesama (keluarga dan gereja) sebagai keluarga kita. Dalam hubungan ini kita akan mengalami rasa persaudaraan dan persekutuan yang sejati. Kita akan memasuki suatu komunitas yang saling mengasihi, memperhatikan, menghormati, menyembuhkan dan melayani.

Maukah Anda Bahagia? Jadilah seorang yang lapar dan haus akan kebenaran (rindu bersekutu dengan Tuhan dan sesama; mempraktekkan firman Tuhan dalam hidup sehari-hari), sehingga hidup kita dapat menjadi berkat bagi orang lain dan menjadi alat untuk mewujudkan suatu komunitas Kristen yang saling membangun di mana pun kita berada.