MENGENAL ATAU SEKEDAR TAHU?

19
May

MENGENAL ATAU SEKEDAR TAHU?

Apakah anda TAHU bapak Presiden Jokowi?. Apakah anda KENAL?.
TAHU dan KENAL seseorang, Apakah Perbedaannya?

TAHU: hanya sekedar mendengar atau sekilas membaca informasi tentang seseorang.
KENAL: berarti mempunyai hubungan dekat, relasi yang intim dan mengerti karakternya.
Jika kita mengaku TAHU si A, maka belum tentu si A tahu diri kita. Tetapi jika kita kenal si A, maka dapat dipastikan si A juga KENAL dengan kita.

KENAL dengan seseorang dibangun melalui proses panjang dan relasi yang intensif, relasi yang dekat, disertai dengan pengalaman pribadi.

Untuk MENGENAL seseorang, diperlukan niat sungguh sungguh, perlu usaha, kerja keras, pengorbanan waktu, perlu bergaul, berkomunikasi setiap hari.

Bagaimanakah kita terhadap TUHAN?. Sekedar TAHU atau MENGENAL Tuhan?.
Marilah kita mengenal dan bersungguh-sungguh mengenal Tuhan; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan; seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. (Hosea 6:3).

Nabi Hosea mendorong kita untuk MENGENAL Tuhan dan bukan sekedar TAHU tentang Tuhan.

MENGENAL Tuhan, berarti memiliki kerinduan untuk melekat dengan-Nya secara terus menerus melalui pembacaan Alkitab, berdoa dan mendengarkan kebenaran Firman Tuhan.

Daud seorang yang MENGENAL Tuhan dan hidup melekat kepada-Nya. Daud walau banyak melakukan kesalahan atau dosa, namun Daud punya kerendahan hati untuk mau dibentuk, ditegur dan dikoreksi oleh Tuhan. Mazmur Daud tentang Allah bagi mereka yang hatinya melekat kepada Allah: “Sungguh hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku”.(Mazmur 91:14).

Ayub mengakui bahwa ia baru MENGENAL ALLAH setelah melewati ujian dan penderitaan yang sangat berat dalam hidupnya.

“Hanya dari kata orang saja, aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau”. (Ayub 42:5).

Kadangkala Tuhan mengijinkan masalah atau pergumulan terjadi dalam hidup kita, supaya kita naik level dari TAHU menjadi MENGENAL Tuhan. Pengenalan yang benar akan Tuhan, menolong kita untuk tidak kecewa dan menyalahkan Tuhan ketika terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan kita.

Puji syukur karena Allah telah memperkenalkan diri-Nya melalui Yesus Kristus. Dia ingin DIKENAL BUKAN SEKEDAR DITAHU.

Marilah kita Mengenal dan bersungguh-sungguh mengenal Tuhan, dengan cara membangun hubungan yang intim dengan Tuhan, lewat doa, lewat perenungan Firman Tuhan, serta ketaatan kita kepada-Nya. Makin kita membangun hubungan yang intim dengan Tuhan, kita akan dibawa semakin mengenal-Nya. Kita akan tercengang dan kagum akan apa yang sudah dan apa yang dapat Dia lakukan untuk kebaikan kita. Betapa ajaib dan dahsyat karya-Nya dalam hidup kita.

“Menjadi orang Kristen itu BUKAN SEKEDAR TAHU secara teori tentang Tuhan, tetapi kita sungguh-sungguh MENGENAL-Nya dengan benar”.

Rasul Paulus mengenal Allahnya. “Aku tahu kepada siapa aku percaya dan aku yakin bahwa Dia berkuasa memeliharakan apa yang telah dipercayakanNya kepadaku hingga pada hari Tuhan” (2 Tim 1:12).

Pertanyaan yang perlu direnungkan: Selama ini menjadi orang Kristen, Apakah MENGENAL Tuhan atau SEKEDAR TAHU tentang Tuhan?.