Ketidaksia-siaan-Nya Menyelamatkanku dari kesia-siaan

14
Apr

“Ketidaksia-siaan-Nya
Menyelamatkanku dari kesia-siaan”
I Korintus 15:17-20

S’bab Dia hidup, ada hari esok
S’bab Dia hidup, ku tak gentar
Kar’na ku tahu Dia pegang hari esok
Hidup jadi berarti s’bab Dia hidup

Penggalan lagu yang berjudul asli Because He Lives karya William Gaither di atas tentu sudah tidak asing bagi kita. Pujian ini berkumandangkan di banyak gereja di dalam masa paskah dan telah memberkati banyak orang.

Lirik yang sederhana namun sarat akan makna ini bersumber dari kesaksian iman Paulus yang ia tuliskan di dalam suratnya kepada jemaat di Korintus yang berbicara mengenai kebangkitan Kristus dari kematian. Ayat-ayat ini memberikan sebuah perenungan yang sangat penting akan makna kebangkitan Kristus bagi iman percaya kita.
Di Ayat 17 Paulus mengatakan bahwa jika Kristus tidak dibangkitkan dari antara orang mati, maka iman kita sia-sia belaka. Ini berarti bahwa kepercayaan kita sebagai orang Kristen tidak hanya bergantung pada doktrin atau ajaran yang kita imani, tetapi juga pada kenyataan bahwa Kristus benar-benar dibangkitkan dari antara orang mati. Jika Kristus tidak dibangkitkan dari antara orang mati, maka iman kita tidak memiliki dasar yang kuat dan tidak memiliki arti.

Namun, Kristus memang dibangkitkan dari antara orang mati, dan ini memberikan makna yang sangat penting bagi kepercayaan kita. Kebangkitan Kristus menunjukkan bahwa kematian bukanlah akhir dari segalanya. Ada kehidupan setelah kematian, dan kebangkitan Kristus memberikan jaminan bahwa kehidupan itu akan berlangsung selamanya. Kebangkitan Kristus adalah bukti bahwa iman kita benar dan bermakna.

Namun, Paulus tidak hanya berbicara tentang pentingnya kebangkitan Kristus bagi orang Kristen, tetapi juga tentang makna yang lebih luas. Dia mengatakan bahwa Kristus adalah “buah sulung” dari orang-orang yang telah meninggal (ay. 20). Ini berarti bahwa Kristus bukan hanya orang pertama yang dibangkitkan dari antara orang mati, tetapi juga yang pertama dari banyak orang yang akan bangkit pada saat yang akan datang. Pernyataan ini memberikan pengharapan yang besar bagi kita sebagai orang percaya. Kebangkitan Kristus menunjukkan bahwa kematian bukanlah akhir dari segalanya, dan memberikan jaminan bahwa kelak kita juga akan bangkit dari kematian jika kita percaya pada-Nya. Kristus bukan hanya memenangkan kemenangan atas kematian, tetapi juga membuka jalan bagi kita untuk mengalami kehidupan kekal kelak bersama dengan-Nya.

Selamat Paskah dan selamat memaknai kebangkitan Kristus.
Tuhan Yesus beserta kita semua.