Hidup Dalam Kebenaran

17
Jun

Hidup Dalam Kebenaran
Nats: Yohanes 16:13

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang di dengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Roh Kudus adalah Roh Kebenaran dan Roh Penolong bagi kita supaya kita tidak tertipu dan terpengaruh kepada kehidupan dunia yang penuh dengan kepalsuan, orang mengatakan dunia bagai panggung sandiwara, dimana yang terlihat hanyalah cerita yang dibuat supaya terlihat baik atau cerita untuk menarik simpati orang, namun dibaliknya adalah kebohongan serta kemunafikan. Apa yang terlihat diluar itu baik adanya, namun dibalik itu penuh dengan dosa dan kejahatan.

Ada sebuah kisah tentang dua orang bersaudara yang kaya raya namun hidupnya penuh kejahatan. Keduanya menjalani hidup yang sangat liar, mereka menggunakan kekayaannya untuk menutupi sisi gelap dari kehidupan mereka. Kedua bersaudara ini juga tiap minggu datang ke gereja yang sama dan memberikan persembahan yang sangat banyak kepada sejumlah gereja, terutama kepada gereja yang sedang membangun. Tiba-tiba seorang diantaranya terkena serangan jantung dan meninggal dunia dan pendeta diminta untuk berkotbah di hari pemakamannya. Saudaranya yang masih hidup memberikan persembahan yang besar untuk pembangunan gereja, namun memohon sebuah permintaan kepada pak Pendeta. Sampaikan ke orang-orang yang hadir di pemakaman bahwa saudaraku adalah orang baik. Pendeta lalu mencoba menelusuri kehidupan almarhum ini untuk menemukan bahwa ia dapat menyampaikan kalimat sesuai permintaan saudaranya. Akhirnya pendeta menemukan sebuah ide, dan ia berjanji kepada saudara dari almarhum bahwa ia akan menyampaikan kelimat tersebut. Esok hari nya diwaktu pemakaman diadakan, pendeta berkata: almarhum semasa hidupnya adalah pendosa besar, penuh kejahatan dan tipu muslihat, namun bila dibandingkan hidupnya dengan hidup saudaranya, maka almahrum termasuk orang baik.

Inilah hidup itu, tidak ada integritas, yang terlihat di luar itu tidak sama dengan yang asli yang di dalam. Saat di depan orang terlihat baik, namun di tempat tersembunyi saat sendirian, semuanya adalah jahat. Ekstrim dari kepalsuan integritas yang lain adalah saat sendirian atau dalam lingkungan rohani semua berbicara tentang Tuhan, dan sangat rohani, namun di tempat umum, menjadi takut, pemalu diam, tidak berani bicara tentang kebenaran dan Injil Kristus.

Roh Kudus turun di hari Pentakosta untuk memberikan keberanian kepada orang Kristen untuk bersaksi dan hidup dalam kebenaran.

Roh Kudus turun di hari Pentakosta untuk membimbing setiap kita orang percaya untuk hidup berpadanan dengan panggilan Injil dan menyatakan kasih Tuhan kepada dunia ini. Kiranya Tuhan menolong kita untuk dapat hidup benar seturut dengan rancangan dan kehendak Tuhan yang indah dan mulia. Amin