Memilih Yang Terbaik

29
Oct

Memilih Yang Terbaik

Lukas 10:42 tetapi hanya satu saja yang perlu : Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.

Ketika Yesus dan murid-muridNya bertamu di rumah Marta dan Maria. Kedua saudari ini menyambut Yesus begitu luar biasa. Marta mulai sibuk melayani. sementara yang dilakukan Maria hanyalah duduk di kaki Tuhan Yesus dan mendengar perkataan Yesus. Dan ketika Marta menyampaikan keluhan tentang Maria kepada Yesus, Yesus justru mengatakan bahwa Maria telah memilih yang terbaik.

Satu hal yang menarik disini adalah respon Yesus kepada perbuatan Marta dan Maria. Biasanya kalau ada yang bertamu ke rumah, maka hal yang wajar jika tuan rumah akan menyuguhkan sambutan yang luar biasa, apalagi jika orang itu sangat istimewa. Mungkin tuan rumah akan masak, sediakan minuman terbaik, dan menjamu makan setiap tamu yang ada. Namun jujur terkadang yang seringkali terlupakan adalah tujuan mengapa kita bertamu bukan? Bagi Yesus, yang terpenting dalam sebuah pertemuan bukanlah makanan, minuman dan hal lainnya, namun terjalinnya sebuah relasi yang intim (dekat). Dan itulah yang dipilih oleh Maria, yaitu mendengarkan kata Yesus.

Terkadang kita harus akui bahwa kita melakukan banyak hal buat Tuhan, pergi bermisi, buat KKR, pelayanan dimana-mana, namun kita lupa bahwa yang terpenting dari semuanya itu adalah relasi kita dengan Tuhan. Karena pelayanan dan semua kegiatan rohani tanpa relasi yang dekat, hanyalah sebuah kegiatan keagamaan semata-mata bukan? namun ketika semua itu dilakukan dengan sebuah dasar relasi yang dekat dengan Tuhan, maka saya yakin itu yang Tuhan inginkan.

Saya terus belajar untuk seperti Maria yang mau duduk mendengarkan Yesus. Dan terkadang itu tidak mudah ditengah kesibukan yang ada. Namun kesediaan kita untuk tetap memilih dan menyiapkan waktu untuk membaca firman Tuhan dan berdoa, seharusnya bukan hanya kegiatan agama, melainkan sebuah kerinduan untuk bertumbuh makin mengenal Kristus.

Adakah yang lebih penting dari mengenal Tuhan sepanjang hidup ini? Pilihlah yang terbaik sesuai apa yang Tuhan mau.