Berani Melawan Kejahatan

01
Oct

Berani Melawan Kejahatan

Mikha 3 : 8
“Tetapi aku ini penuh dengan kekuatan, dengan Roh TUHAN, dengan keadilan dan keperkasaan, untuk memberitakan kepada Yakub pelanggarannya dan kepada Israel dosanya. ”

Mikha berasal dari tempat yang kecil atau pedesaan yang pertaniannya subur dan besar kemungkinan Mikha berasal dari keluarga petani juga. Meskipun berasal dari pedesaan, daerah yang kecil dan juga dari keluarga yang kecil, Mikha berani melawan ketidak adilan, melawan kejahatan para pemimpin Israel, dan juga melawan para nabi-nabi palsu yang saat itu telah menyesatkan bangsa Israel. Mikha menyatakan hukuman dari Tuhan kepada mereka dan bangsa Israel akibat para pemimpin Israel, baik raja-raja dan para pemimpin spiritual, telah melanggar perintah Allah dan tidak setia kepada Allah.

Keberanian dan kekuatan Mikha karena dia dipenuhi Roh Tuhan.. Kekuatan dan keberanian serta hikmat Mikha berasal dari Tuhan, Mikha hidup berserah dan dipimpin Tuhan, hidup dekat dengan Tuhan. Orang yang hidup berserah dan bersandar pada Tuhan adalah orang dipenuhi Roh Tuhan. Salah satu ciri orang yang hidup dipenuhi Roh Allah atau Roh Kudus adalah berupaya hidup berkenan pada Tuhan dengan berani hidup benar dan berani menyatakan kebenaran. Meskipun dunia disekitarnya dipenuhi dengan ketidak benaran, dikuasai oleh orang dengan paham-paham yang tidak benar, para pemimpin spiritual juga telah menyesatkan dan dia hanya orang kecil atau minoritas.

Berani menyatakan kebenaran berarti berani melawan setiap kejahatan dengan berberbagai bentuknya harusnya menjadi panggilan setiap orang Kristen. Setiap orang yang telah menerima kasih karunia Allah dalam Yesus Kristus diberikan roh keberanian, ada Roh Kudus dalam dirinya. Firman Tuhan di 2 Timotius 1:7 “Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.”. Para rasul setelah Pentakosta mereka menerima pencurahan Roh Kudus, mereka dipenuhi Roh Kudus hingga memiliki keberanian untuk mengarbarkan Injil, menyerukan pertobatan orang-orang Yahudi, bahkan meski diancam oleh mahkamah agama Yahudi, para rasul tidak takut dan terus menyatakan kebenaran serta memberitakan Injil.

Kejahatan dan segala bentuk ketidak benaran dihadapan Tuhan akan merajalela jika tidak ada orang bersuara mengenai kebenaran, tidak ada orang yang berani bersuara dan bertindak melawan kejahatan. Suatu bangsa dan gereja akan hancur jika orang-orang benar tidak berani melawan kejahatan. Kita merasa orang yang tidak memiliki kemampuan, kekuatan, hanya orang biasa saja, dan bahkan kita mungkin berpikir ada tekanan besar sebagai minoritas, namun kekuatan dan keberanian kita itu berasal dari Roh Tuhan. Mari serahkan hidup kita sepenuhnya pada kuasa Roh Kudus, dan Tuhan memberi kita kekuatan serta keberanian untuk terus menyatakan kebenaran di dalam dunia ini.

Soli Deo Gloria

Close Bitnami banner
Bitnami