HANYA UNTUK DILIHAT ALLAH

03
Jan

HANYA UNTUK DILIHAT ALLAH
Ev. Ng Ellen M.

“Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.” – Matius 6:18.

Dalam perjalanan hidup, semakin bertambah tua usia, kita akan semakin kehilangan peran penting dan pengaruh dalam posisi kita. Baik orang-orang yang berambisi mengejar nama, ketenaran dan jabatan hingga mereka yang tidak pernah mengejar ketenaran pun tampaknya semakin lama akan semakin tenggelam dalam kegelapan. Di situlah terletak cobaan kita: Pada tahap pencarian pengakuan manusia, kita mengabaikan kehendak Allah. Di sisi lain, jika kita kehilangan kekaguman terhadap manusia, maka kita akan mencari kehendak Allah semata.

Tahukah kita bahwa setiap langkah yang kita ambil, setiap doa yang kita panjatkan, dan setiap pengorbanan yang kita berikan, yang mungkin tersembunyi dari pandangan manusia, memiliki arti yang mendalam di hadapan Allah? Yesus dengan tegas menyatakan bahwa tindakan yang tersembunyi dari mata manusia, yang dilakukan hanya demi pandangan Allah, akan mendapatkan balasan dari-Nya. Ini adalah pengingat bahwa setiap kebaikan dan pengorbanan yang kita lakukan dalam ketulusan hati, meskipun tanpa sorotan dunia, tidak akan luput dari pandangan-Nya.
Oleh karena itu, yang kemudian perlu kita renungkan adalah motivasi di balik setiap tindakan dan pelayanan kita. Apakah kita melakukan apa yang baik dan apa yang benar semata-mata untuk meraih perhatian dunia, ataukah kita tulus melakukannya demi pandangan Allah?
Jaminan diberikan: “Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”
Di dalam terjemahan bahasa aslinya, frasa ‘yang tersembunyi’ dapat diartikan sebagai suatu ungkapan hati yang menjadi rahasia kita. Orang lain mungkin tidak dapat melihat tujuan, motivasi dan niat di balik segala tindakan dan pelayanan yang kita lakukan, tetapi tidak dengan Allah. Allah jelas mengetahui apa rahasia kita di balik setiap tindakan dan pelayanan yang kita berikan untuk-Nya. Bukan hanya sekedar mengetahui, tetapi Allah juga tahu apa yang perlu Ia lakukan terhadap rahasia tersembunyi di balik setiap pelayanan kita kepada-Nya.

Oleh karena Allah melihat dan mengetahui segalanya, maka biarlah Ia hanya akan menemukan rahasia yang benar dan indah di balik segala yang kita berikan dan lakukan untuk-Nya, amin.