BIBLICAL WORLDVIEW: TRUTHS

09
Nov

BIBLICAL WORLDVIEW: TRUTHS

Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” – Yohanes 8:31-32
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna – Roma 12:2

Sekilas tentang Worldview
• Worldview merupakan cara pandang seseorang dalam menafsirkan realitas dunia ini, didalamnya berisi kumpulan kepercayaan mendasar yang mempengaruhi cara berpikir dan cara hidup seseorang (=mempresentasikan siapa kita dan apa yang kita percayai).
• Worldview mempengaruhi emosi, persepsi, pemikiran dan tindakan kita; menolong kita memahami tujuan Allah menciptakan dunia dan segala sesuatu didalamnya; memperjelas perspektif kita dalam kesulitan sehari-hari dan kesusahan hidup dalam dunia yang sudah jatuh dalam dosa; menawarkan pengharapan akan masa yang akan datang yang membentuk keberadaan kita saat ini sampai Tuhan Yesus datang kedua kali

Karena itu, kehidupan orang Kristen harus berdasarkan kebenaran Allah dalam Alkitab. Dengan kata lain Alkitab harus menjadi landasan Christian Worldview kita.

Makna Biblical Worldview: Truths
• Kita seharusnya memiliki sudut pandang yang berlandaskan Alkitab. Dengan kata lain, landasan kita berpikir dan bertindak serta mengambil keputusan ialah firman Tuhan (Maz.119:105; 2 Tim.3:16).

Wujud Biblical Worldview: Truths
• Memiliki kecintaan akan firman Tuhan dengan aktif /rindu “6 M” = Mendengar, Membaca, Mempelajari, Menghafal, Merenungkan dan Melakukan firman Tuhan (Maz.119:97).
• Memikirkan firman Tuhan sepanjang hari, pada segala tempat dan waktu. Artinya: firman Tuhan sebagai pedoman hidup setiap hari dan menguasai seluruh aspek hidup kita (Maz.1:2; 119:105).

Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari – Mazmur 119:97