Terang Dunia

06
Jul

Terang Dunia

Yoh 8: 12 – Maka Yesus berkata pula kepda orang banyak, kata-nya: “Akulah terang dunia, barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.”

Salah satu hal penting yang perlu dikuasai oleh seorang fotografer adalah bagaimana mendapatkan cahaya yang cukup saat memotret suatu objek. Baik saat memotret di tempat outdoor maupun indoor. Pencahayaan harus diatur dengan baik untuk megnhasilkan foto yang bagus.

Selain dalam dunia fotografi, dalam kehidupan kita memang cahaya sangatlah penting. Kita membutuhkan cahaya yang terang agar dapat melihat sekitar kita sehingga kita dapat beraktifitas atau bekerja dengan baik. Kurangnya cahaya terang atau kegelapan bisa menghambat kelancaran aktifitas seseorang bahkan menyebabkan malapetaka.

Demikian yang dialami oleh dunia saat ini. Dunia sedang hidup di dalam kegelapan. Bukan kegelapan secara fisik, akan tetapi secara rohani dunia telah hidup di dalam kegelapan dosa. Setiap hari pasti kita mendengar banyak kejahatan dilakukan di berbagai tempat. Setiap aspek kehidupan nampaknya tidak ada yang luput dari perbuatan dosa. Saat ini banyak orang kehilangan arah dan tidak mengerti tujuan hidup mereka. Bahkan mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang hidup di dalam dosa. Mereka merasa apa yang dilakukan adalah sesuatu yang wajar dan tidak menyimpang.

Kita membutuhkan terang Kristus yang dapat menyadarkan akan kegelapan hidup kita. Terang Kristus akan memberikan petunjuk bagi kita untuk berbalik dari dosa sehingga kita hidup dalam jalan kebenaran. Terang Kristus akan membawa kita pada jalan keselamatan. Oleh sebab itu marilah kita senantiasa meminta Kristus menerangi hati kita. Terus menyadarkan kita untuk menjauhkan diri dari segala perbuatan dosa.

Setiap orang percaya telah menerima terang Kristus dan dimampukan untuk melakukan perbuatan terang. Sudahkah hidup kita senantiasa memancarkan perbuatan terang? Janganlah kita mengikuti intimidasi dari si jahat yang terus menggoda kita untuk menikmati kehidupan lama kita dalam dosa. Marilah kita hidup senantiasa memandang ke depan kepada terang Kristus. Biarlah hidup kita dipakai Tuhan untuk melakukan perbuatan-perbuatan baik. Paulus berkata, Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran. (Efesus 5:8-9). Amin.