Deteksi Sejak Dini

31
Jan

Deteksi Sejak Dini

Kej 4: 5 – Tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.

Kej 4:7 – Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu: ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.

Setiap pengguna komputer pasti tidak asing dengan yang namanya antivirus. Ini adalah sebuah program yang dapat mendeteksi jika ada virus komputer yang masuk ke dalam sistem. Antivirus ini akan langsung memberikan beberapa tindakan seperti quarantine ataupun menghapus virus tersebut. Ini dilakukan agar virus tersebut tidak sampai merusak sistem pada komputer dan berpengaruh buruk bagi file-file di dalamnya.

Demikian pula dalam hidup orang percaya. Tuhan tidak membiarkan kita menyimpan benih-benih dosa di dalam diri kita. Seperti yang dialami Kain yang merasa dengki pada Habel. Kain telah diperingatkan untuk dapat menguasai diri, akan tetapi ia gagal dan akhirnya benih dosa dalam dirinya berakibat pada dosa besar. Sehingga ia melakukan pembunuhan terhadap adiknya sendiri.

Melalui kisah ini kita diingatkan untuk tidak boleh menganggap remeh benih dosa yang muncul dalam diri kita. Jangan sampai kita terus memendam benih tersebut hingga berujung pada dosa yang fatal.

Sejak kejatuhan manusia di dalam dosa, manusia terus bergumul menghadapi godaan dosa. Iblis memakai berbagai macam cara untuk menjatuhkan manusia ke dalam dosa. Mungkin manusia tidak langsung jatuh pada suatu dosa besar, akan tetapi dimulai dari munculnya benih-benih dosa di dalam hati. Kita harus peka terhadap suara Roh Kudus yang mengingatkan untuk mengoreksi hati dan pikiran kita. Marilah kita tidak jemu-jemu untuk membaca Firman Tuhan sebagai alarm bagi kita. Sehingga kita dapat mendeteksi jika muncul benih dosa dalam diri kita dan memohon pada Tuhan untuk menguduskan dan memampukan kita untuk tidak jatuh pada dosa tersebut. Amin.