Pemulihan Bangsa

05
May

Pemulihan Bangsa

Ev. Daniel Yudha

2 Tawarikh 7:14 – dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.

Dalam tahun ini bangsa kita sudah dikejutkan oleh beberapa musibah yang terjadi dan menelan banyak korban. Baik bencana alam maupun kecelakaan transportasi. Hal ini jelas meninggalkan duka yang mendalam bagi bangsa kita. Setelah dilakukan penyelidikan, ditemukan bahwa ada unsur kesalahan yang dilakukan manusia sehingga menyebabkan musibah tersebut. Hal itu berupa kelalaian dalam perawatan alat transportasi, penyalahgunaan dana pengadaan barang ataupun juga perilaku masyarakat yang kurang memperhatikan lingkungan. Di sini terlihat bahwa kehidupan masyarakat yang tidak sesuai dengan kebenaran, akan mnnimbulkan akibat yang fatal bagi bangsa itu sendiri. Setiap kita jelas tidak ingin ada musibah lagi terjadi.

Melalui ayat yang kita baca, kita melihat bahwa satu-satunya jalan ialah berseru kepada Tuhan. Tuhan kita adalah Tuhan yang Maha Pengasih. Ia tidak serta-merta meninggalkan kita menanggung akibat dari dosa-dosa kita. Ia juga rindu kita dipulihkan.

Bangsa Israel adalah bangsa yang tegar-tengkuk. Bangsa ini sering tidak taat pada perintah Tuhan dan mendukakan hati Tuhan. Akan tetapi, Allah tetap mengasihi bangsa ini. Ia berjanji kepada Bangsa Israel bahwa Ia akan mengampuni dan memberikan pemulihan jika mereka mau datang kepada Tuhan, merendahkan diri dan bertobat dari dosa-dosa mereka. Demikian pula Allah juga mengasihi bangsa kita. Ia mau berkarya melalui bangsa ini untuk dipakai bagi kemuliaan nama-Nya.

Oleh sebab itu, marilah kita bersehati berdoa bagi Bangsa Indonesia. Kita menyingkirkan segala kebanggaan diri, segala pencapaian kita dan merendahkan diri di hadapan Tuhan. Kita sadar bahwa kita begitu kecil dan lemah. Kita tidak sanggup dengan kekuatan sendiri untuk membangun bangsa kita, kita butuh pertolongan Tuhan.

Kita juga mohon pengampunan atas segala kesalahan kita baik secara individu maupun secara organisasi. Kita memohon Tuhan memampukan kita berbalik dari dosa kita dan hidup seturut kebenaran Firman Tuhan. Di saat kita berseru dengan kesungguhan hati kepada Tuhan, maka Ia mendengar dan mengampuni kita, serta memulihkan negeri kita.

Close Bitnami banner
Bitnami