BERPEGANG pada janji TUHAN

24
Feb

BERPEGANG pada janji TUHAN

Pdt. Anggung

“TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera. Demikianlah harus mereka meletakkan nama-Ku ke atas orang Israel, maka Aku akan memberkati mereka”
Bilangan 6:24-27

Kitab Bilangan menceritakan umat Israel yang sedang berjalan menuju tanah Kanaan, tanah perjanjian. Perjalanan di padang gurun bukanlah sebuah perjalanan yang mudah, di tambah lagi sifat umat Israel yang suka mengeluh dan memberontak. Tuhan juga tahu mereka akan menghadapi banyak situasi sulit dari alam seperti panas-dingin, badai, kering, tak ada air dan dan sulit dapat makanan. Bisa juga datang dari penduduk-penduduk sekitar tempat dimana mereka harus melintas. Dan mungkin saja mereka akhirnya putus asa karena kesulitan yang mereka akan hadapi. Dalam kondisi seperti itu, maka perintah TUHAN kepada Musa untuk meminta Harun dan anak-anak Harun memberkati umat Israel menjadi sangat penting. Perhatikan ayat dari Bil. 6:22-27: TUHAN berfirman kepada Musa: “Berbicaralah kepada Harun dan anak-anaknya: Beginilah harus kamu memberkati orang Israel, katakanlah kepada mereka: TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; …dan kata-kata selanjutnya”

Ada dua hal penting dari ayat 24-27 yang TUHAN ingin umat Israel ketahui: Pertama, berkat yang TUHAN sediakan buat individu-individu umat Israel (ay 24-26). Berkat TUHAN itu meliputi: TUHAN Memberkati dan melindungi engkau, artinya: TUHAN menyediakan sesuatu yang baik, serta menjaga dan melindungi dari musuh yang mau merampas semua yang baik. TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia, artinya: TUHAN berkenan dan Allah mendengar doa dan menyelamatkan dari musuh. TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera, artinya: TUHAN menyatakan kuasa-Nya untuk memelihara sehingga melahirkan damai sejahtera. Kedua, meletakkan nama TUHAN ke atas orang Israel (ay 27). Artinya : TUHAN menjamin kehadiran-Nya untuk melindungi umat Israel dari semua bangsa, musuh, allah bangsa-bangsa yang hendak mengganggu mereka (Ul. 28:10; 2 Sam. 7:23; Yer. 25:29). 

TUHAN mau umat Israel berpegang pada janji-janji-Nya agar tidak putus asa saat menempuh perjalan menuju tanah perjanjian yang penuh tantangan dan kesulitan. Umat Israel diminta tidak berpaling dari TUHAN saat tantangan dan penderitaan datang. Demikian juga perjalanan hidup kita di dunia ini, kita akan banyak menghadapi tantangan dan godaan. Dalam kondisi seperti ini, Tuhan mau kita berpegang pada janji-janji-Nya, bahwa Tuhan memberi segala yang baik, menjaga dan melindungi kita, mendengar doa-doa kita, menyelamatkan kita dan memberi kita damai sejahtera. Tuhan mau kita tidak berpaling dari pada-Nya saat ada kesulitan dan tantangan hidup, Tuhan mau kita imani dan tetap pegang janji-janji-Nya.

“Bila hari ini Anda merasa beban hidup begitu berat, ingatlah janji-janji Tuhan hari ini”

Leave a Comment

Close Bitnami banner
Bitnami