IRONIS

18
Feb

IRONIS

Pdt. Anggung Istianto

“Tetapi ia (Raja Rehabeam) mengabaikan nasihat yang diberikan tua-tua itu, lalu ia meminta nasihat kepada orang-orang muda yang sebaya dengan dia dan yang mendampinginya”

( 2 Tawarikh 10:8 )

 

Jika perlu nasihat kita bisa datang pada orang tua, ini benar.  Namun minta nasihat kepada orang muda juga bukalah hal yang salah, karena banyak juga anak-anak muda yang pintar dan berhikmat. Yang perlu kita perhatikan adalah tidak semua hal perlu nasihat manusia. Namun jika memang merasa perlu nasihat, maka kita harus mencari orang yang tepat, teristimewa minta nasihat dari Tuhan.

 

            Inilah yang terjadi dengan Reahabeam raja Israel. Bermula ketika ia telah diangkat menjadi raja menggantikan Salomo ayahnya yang telah mangkat (wafat). Rakyat Israel datang kepadanya minta keringanan beban yang sudah ditetapkan ayahnya. Untuk itu, Rehabeam minta nasihat para tua-tua yang hidup jaman ayahnya. Nasehat para tua-tua agar Rehabeam berlaku ramah, menyenangkan rakyat, mengatakan kata-kata yang baik. Rehabeam mengabaikan nasihat mereka, malah meminta nasihat kepada anak-anak muda yang sebaya dengannya (ay.4-8). Nasihat mereka kepada Rehabeam, katakan kepada rakyat Israel: Kelingkingku lebih besar dari pada pinggang ayahku! (ay.10). Artinya, Rehabeam diminta untuk menambah beban kepada rahyat Israel. Akibat mendengar nasihat yang salah, Rehabeam hanya menjadi raja atas orang Israel di Yehuda dan orang Israel memberontak terhadap keluarga Daud  (ay.17-19). Inilah penyebab  kerajaan Israel terpecah menjadi dua, kerajaan utara dan kerajaan selatan. “Nasihat kecil yang salah menghancurkan masa depan yang besar”.

 

Ironis bukan?

            Sepintar-pintarnya kita, tentu kita tetap perlu nasihat. Mungkin itu nasihat tentang keluarga, pendidikan, karier, kerohanian, atau pilihan-pilihan yang sulit. Kita bisa minta nasihat kepada siapa saja termasuk teman sebaya. Namun kita perlu memperhatikan, apakah nasihat yang diberikan sesuai kebenaran umum, baik untuk orang banyak dan mempermuliakan Tuhan. Dan yang tidak boleh kita abaikan adalah mintalah nasihat Tuhan, dari membaca Alkitab dan doa, kita bisa mendapatkan nasihat Tuhan.

 

Ingatlah Mazmur 25:14

“Tuhan bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka”

Leave a Comment

Close Bitnami banner
Bitnami