AYO … AMBIL BAGIAN

10
Feb

AYO … AMBIL BAGIAN

Pdt. Char Ley Bun

Wow … fantastis … inilah kata yang bisa kita ucapkan di saat membaca perikop Firman Tuhan di kitab Keluaran 38:21-31 tentang nilai biaya pembangunan Kemah Suci.

Kemah suci adalah tempat hukum Allah diletakkan, tempat kudus bagi Allah dan umat-Nya berjumpa. Berapa banyak emas, perak, dan tembaga yang digunakan untuk mendirikan tempat ini beserta seluruh perkakas nya ?

Musa meminta seorang Lewi di bawah pimpinan Itamar, anak imam Harun, untuk memberikan daftar bahan yang dipakai bagi pendirian Kemah Suci yang di dapat dari persembahan jemaat. Dan disaat semua sudah didata maka dicatat ada dua puluh sembilan talenta dan tujuh ratus tiga puluh syikal emas, ditimbang menurut syikal kudus. Total emas yang dipakai berjumlah 87.730 syikal emas, dimana satu talenta setara dengan tiga ribu syikal. Kalau 1 syikal emas setara dengan 11,4 gram, maka emas yang digunakan untuk membangun kemah suci adalah 1.000 kg emas. Sebuah nilai yang fantastis. Saya melihat google harga emas hari ini senilai Rp 825.000,- per gram atau setara dengan nilai Rp 825.000.000.000,-

Selain emas, juga menggunakan seratus talenta dan seribu tujuh ratus tujuh puluh lima syikal perak, ditimbang menurut syikal kudus. Maka perak yang digunakan itu setara dengan 301.775 syikal perak atau sekitar 3.430 kg perak. Selain itu juga digunakan 70 talenta dan 2.400 syikal tembaga. Maka tembaga yang digunakan itu setara dengan 212.400 syikal tembaga.

Wow … Fantastis … berapa nilai pembangunan Kemah Suci ? Setidaknya pembangunan itu senilai di atas 1 triliun Rupiah nilai saat ini. Nilai sebesar ini terkumpul dari persembahan jemaat atau persembahan dari umat Israel. Mereka semua yang mengambil bagian itu yang berumur dua puluh tahun ke atas, sejumlah enam ratus tiga ribu lima ratus lima puluh orang. Masing-masing memberikan persembahan khusus dari barang kepunyaan mereka, sesuai dorongan hati masing-masing (Keluaran 34:4-5). Lalu setiap orang yang terdorong hatinya, membawa anting-anting, cincin materai, dan segalam macam barang emas, lalu memberikan persembahan unjukan dari emas bagi Tuhan (Keluaran 34:22).

Semua orang ingin ambil bagian dalam pembangunan Kemah Suci. Padahal Kemah Suci itu bukan Bait Allah yang permanen, namun dipindah-pindahkan mengikuti pergerakan dari tiang api pada malam hari dan tiang awan pada siang hari. Saudara terkasih, hari ini kita juga diberi kesempatan untuk ambil bagian dalam pembangunan gereja kita yang tercinta. Saat ini masih bisa kita memberikan persembahan dan kita diberikan bagian yang mulia ini. Mari jangan kita sia-siakan.

Wow … Fantastis … terlibat dalam pembangunan rumah Tuhan adalah suatu kesempatan langka dan berharga. Dimana kita bisa terlibat dalam membangun sebuah tempat perjumpaan bagi begitu banyak orang di segala usia di segala jaman dengan Tuhan. Ayo … ambil bagian … Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Leave a Comment

Close Bitnami banner
Bitnami